Musim Rambai

Rambai (Baccaurea motleyana) adalah sejenis buah-buahan dan tumbuhan penghasilnya yang tumbuh liar atau setengah liar di kebun-kebun Asia Tenggara, seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia (terutama Sumatera dan Kalimantan).Rambai masih berkerabat dekat dengan menteng/kepundung, bahkan sering tertukarkan.




Rambai merupakan buah-buahan yang masih memiliki kerabat dengan buah kepundung. Yang membedakan adalah bahwa bunga dan buah menteng (sebutan lain buah rambai) tumbuh di ujung dahan serta rasa dari buah rambai ini relatif lebih manis. Buah rambai ini memiliki nama latinBaccaurea motleyana ini biasanya tumbuh di daerah Asia Tenggara.

Ciri-ciri Pohon Buah Rambai

Pohon buah rambai memiliki ketinggian 9-12 m dengan tajuk pohon yang lebar. Daunnya hijau mengilap di permukaan atas (ventral) dan agak kecoklatan. Buahnya berkulit agak seperti beludru dengan warna kuning atau coklat muda, berisi 3 sampai 5 biji yang terbungkus oleh daging buah. Daging buah ini dapat dimakan mentah, direbus, atau dibuat selai dan minuman anggur.

Kandungan Nutrisi Buah Rambai

Berat rata-rata buah ini yaitu sekitar 19 gram yang terdiri dari 5.5 gram kulit buahnya, 12 gram daging buahnya dan 1,5 gram biji buah rambai. Setiap 100 gram buah rambai mengandung 82,3 gram air, 0,4 gram protein, 7,5 gram sakarosa, 0,2 gram serat, serta 0,5 gram abu.

Manfaat Buah Rambai

Buah rambai dapat dimanfaatkan untuk:
Sebagai bumbu pengganti asam
Buah ini sering dimanfaatkan sebagai campuran untuk masak ikan. Rasa manis yang bercampur dengan rasa segar asam pada buah ini dapat dimanfaatkan sebagai pengganti buah asam.


Comments

Popular posts from this blog

Bermain Layang Wau hingga Malam di Bengkalis

Keranjang Rotan Rohil Laris Manis

Mencari Kijing, Siput Gantung, Buah Tanah, Bongan dan Lokan (1) *Berwisata Mangrove di Kembung Luar