Para Mahot atau Pawang Gajah di Riau

Menjaga binatang liar seperti gajah tentu sulit dilakukan jika tidak dijiwai dan selalu di dekatnya. Hal itu pulalah yang dilakukan yang dijiwai Marhalim (40) yang keseharian menjaga Bonita, gajah berumur tujuh tahun di tepian hutan lindung atau disebut Arboretum atau elephant park seluas 42 hektare di Minas.




MEMANDIKAN, memberi makan dan membawa anak gajah seberat satu ton lebih ke dalam hutan bukanlah hal yang biasa bagi orang kebanyakkan. Tapi tidak bagi Marhalim, sebab menjalankan aktivitas memberi makan, memandikan dan bersendagurau dengan anak gajah yang diberi nama Bonita menjadi pekerjaan setiap harinya.
      Dengan satu utas rantai besi ukuran jumbo sepanjang 10 meter dan sebagiannya melingkar di leher Bonita, Marhalim mulai menghela atau mengajak binatang peliharaannya itu untuk keluar dari semak belukar. ‘’Bonita ayo keluar. Ayo, ayo…’’ kata Marhalim.
       Pemohonan atau ajakan Marhalim ini ternyata benar-benar direspon Bonita.
 Bonita yang sudah beranjak dewasa tersebut mulai bergerak dari dalam kepungan semak belukar di tepian Arboretum. Belalai panjangnya mulai menarik rantai yang terbuat dari besi. ‘’Sreek, sreeek,’’ bunyi besi ditarik Bonita dan binatang jumbo ini mulai melangkah meninggalkan semak.
        Ada sekitar 15-20 menit bonita berusaha sendiri menarik rantai dan sambil berjalan di antara semak. Agar bisa keluar dari semak belukar itu gajah yang katagori remaja ini harus berusaha maksimal, karena kontur tanahnya agak menanjak. Tapi atas permintaan tuannya (Marhalim), akhirnya Bonita sampai juga ke badan jalan, meskipun agak lambat.
      Sesampai di badan jalan gajah jinak milik BKSDA ini terdiam sejenak, karena melihat ramainya orang saat itu.  ‘’Bonita jalan,’’ pinta Marhalim lagi.  Atas permintaan itu belalai Bonitapun kembali menarik rantai besi dan memulai langkahnya.  Dengan langkah agak cepat Bonita langsung mengikuti langkah Marhalim yang saat itu menuju parit gajah atau tempat pemandiannya setiap hari.
        Dengan perlahan Bonita mulai masuk ke dalam air. Yang sebelumnya berdiri tapi atas permintaan Marhalim agar duduk, akhirnya bonita duduk dan hanya menampakkan kepala, belalai dan punggungnya saja. Saat itu pula Marhalim mendekati badan gajah betina ini sambil menggosok-gosok badannya yang kotor akibat lumpur saat berada di semak belukar belumpur saat itu.
       Setelah beberapa menit berada di dalam air, Marhalim kembali menginstruksikan kepada Bonita agar berdiri. Dengan agak kesulitan mengimbangi badannya yang besar akhirnya Bonitia berdiri. Bonita berjalan meninggalkan genangan air dan kembali ke jalan.
      Marhalim didampingi Marasagu Daulay sang penjaga (mahot) bagi Bubu anak gajah jantan berumur delapan tahun, terus mengiringi Bonita naik ke jalan. ‘’Inilah kerja saya setiap hari pak. Pertama memberi makan, memandikannya dan membawanya ke dalam hutan,’’ jelas Marhalim dan diiakan Marasagu Daulay.
      Menurut dia, menjaga gajah yang dipelihara dari kecil  kurang sulitnya. Akantetapi untuk memelihara atau menjadi mahot bagi gajah liar seperti awal tahun 1994  lalu. Itu agak sulit untuk menjaganya. Tapi setelah dilakukan beberapa kali pelatihan akhirnya gajah-gajah yang diserahkan BKSDA Riau bisa  diasuh dan dipelihara. ‘’Awalnya sulit, tapi akhirnya kita bisa menjadi penjaga atau pemeliharanya,’’ kata Marhalim.
      Marhalim menegaskan tak terpikirkan olehnya bisa menjaga binatang liar atau binatang yang sangat ditakuti manusia. Sebab gajah bukanlah tandingan bagi manusia untuk melawannya. Apalagi kalau dia mengamuk, tentu sulit untuk melawannya.
      Akantetapi, kata Marhalim semuanya tergantung dari kemauan dan kasih sayang yang diberikan kepada binatang. ‘’Awalnya takut. Tapi setelah beberapa tahun bersama gajah akhirnyta timbul rasa sayang. Rasa sayang inilah membuat saya betah bersama gajah-gajah ini di tepian hutan ini,’’ jelas Marhalim sambil memegang  punggung Bonita saat itu.
     Menurut dia, Bonita makannya tak begitu banyak jika dibandingkan dengan gajah-gajah lainnya. Dirinya memberi makan Bonita per harinya hanya 30 kg. Setelah diberi makan Bonita biasnaya dibawa ke tepian hutan terutama di dekat rumput-rumput kesukaannya yang masih banyak. ‘’Terkadang satu kilometer ke dalam hutan. Pagi diikat ke dalam hutan, siang dilihat dan diberi minum. Sore dibawa pulang ke tepian hutan,’’ jelas Marhalim.
       Hal serupa disampaikan Marasagu Daulay, menurut dia menjaga atau menjadi mahot gajah betina tak begitu sulit tapi menjaga gajah jantan agak sulit. Karena saat musim kawin tiba atau gajah jantannya sedang birahi itu membuat mahotnya ketakutan. Akhirnya mau tak mau gajah jantan itu dikarantina atau di antar ke tengah hutan. ‘’Untung kalau dapat gajah betina liar bisa dia kawin. Tapi kalau tidak selama satu bulan kerjanya marah-marah terus, kitapun tak berani mendekatnya,’’ kata Marasagu Daulay.
       Pengalaman menjaga gajah jantan birahi mereka alami setiap tahunnya, khususnya pada mulai Juni-Juli 2014 lalu. Makanya diyakininya pada bulan Juni-Juli ini masa birahi itu datang lagi.   
      Bersama dengan Marasagu Daulay menegaskan masa sulit menjaga gajah ya masa birahi gajah jantan. Pasalnya gajah jantan yang ada atau dipelihara di Arboretum  di PT Arara Abadi (AA) tak mau kawin dengan gajah betina yang ada. ‘’Makanya kita kesulitan dan akhirnya harus menerima amukan dan emosi dari gajah jantan,’’ jelasnya.
      Beruntung, kalau gajah liar dari daerah hutan lindung dari Duri atau Tasikserai masuk  lokasi atau hutan lindung/Arboretum cepatlah masalah teratasi.
      Diceritakan dia keberadaan gajah yang dipeliharanya itu juga bergantung dari gajah-gajah liar yang ada. Seperti Bonita dan Bubu yang merupakan anak gajah dari pejantan dari gajah liar.  Menurut dia tujuh tahun lalu ada gajah liar masuk ke kawasan hutan lindung tersebut. Jadi bapak dari Bonita dan Bubu bukan Nando (gajah jantan dewasa) di areal Arboretum.
       Gajah-gajah liar terkadang tak bisa masuk begitu jauh ke kawasan hutan. Karena biasanya bersama lima gajah milik perusahaan akan menghalaunya keluar dari kawasan HTI dan perkebunan milik masyarakat. ‘’Tapi kita sangat perlu gajah-gajah liar untuk pertambahan populasi di Aboretum milik perusahaan,’’ jelasnya.
        Untuk sekarang ini, kata Marhalim  Arboretum perusahaan memiliki tujuh ekor gajah. Lima gajah betina dan dua gajah jantan. ‘’Sebelumnya kita hanya memiliki 5 ekor gajah tapi ada dua anak gajah jantan dan betina, jadi tujuh gajah sekarang,’’ jelasnya.


Arboretum Sebagai Pusat Penelitian dan Rekreasi

Keberadaan tujuh gajah di  elephant park bukan sekadar untuk menjadi tempat tontonan atau wisata bagi masyarakat yang ingin melihatnya. Akantetapi keberadaan gajah itu untuk dimanfaatkan menghalau gajah-gajah liar yang akan masuk ke kawasan arboretum dan perkebunan masyarakat.
        Tahun 2014 lalu gajah-gajah yang ada dilatih untuk menghalau gajah-gajah liar juga melatih gajah-gajah liar agar jinak. ‘’Jadi selain sebagai tempat penelitian juga dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan bagi gajah-gajah liar. Makanya Bonita dan Bubu  sekarang sudah jinak, karena sudah beberapa kali dilatih dengan tenaga professional,’’ jelas Kepala Seksi Lingkungan PT Arara Abadi Yuyu Arlan.
       Yuyu Arlan juga menegaskan keberadaan Arboretum juga dijadikan sebagai kawasan hutan lindung. Di dalamnya ada perencaaan tata ruang HTI, Kawasan hutan lundung sebagai koridor satwa, area kemiringan tinggi rawan erosi dan longsor. Selain itu ada kawasan tangkap air dan habitat spesies endemik dan langka.
      Menurut dia, selain sebagai hutan lindung, Arboretum  juga sebagai pusat penelitian, pendidikan, rekreasi. ‘’Selain gajah juga terdapat berbagai macam jenis tumbuhan langka dan sulit didapatkan sekarang,’’ jelas Yuyu.
        Seperti tanamanan dari famili dipterocarpaceae seperti shorea, dipterocarpus, vatica dan hopea.
       Dari jenis flora, dijumpai 135 spesies tanaman bunga dan 16 spesies palma. Seperti kulim, gaharu, arang-arang, balam suntai, meranti batu, meranti kunyit dan lainnya.
       Dikatakan Yuyu, hutan lindung yang memiliki luas 42 hektare lenih ini juga memiliki poteensi  hutan non kayu. Seperti buah-buahan, madu lebah, obat-obatan herbal yang bisa dimanfaatkan masyarakat dan juga memberikan jasa lingkungan rekreasi.
     ‘’Kami memberikan izin kepada masyarakat setempat untuk memanfaatkan hasil non hutan non kayu untuk konsumsi mereka,’’ jelas Yuyu Arlan lagi.
       Beberapa bentuk pemanfaatan hasil hutan non kayu oleh masayrakat di antaranya  pemanfaatan buah kulim, pengambilan madu lebah sialang. Sedangkan dari jenis fauna, ditemukan mamalia besar seperti gajah, beruang,kijang, monyek ekor panjang. Selain itu ada juga ular piton dan burung-burung. Di dalam hutan lindung tersebut juga ada, burung enggang dan raja udang.
       Agar tidak terjadi kepunahan beberapa jenis hutan di Riau, Arboretum juga melakukan pembibitan dan koleksi beberapa spesies yang ada. Dengan begitu, Arboretum juga sebagai bank benih sepesies lokal.
        Dikatakan penanggungjawab pembenihan spesies lokal, Kaharudin Siregear kepada Riau Pos, beberapa benih yang menjadi andalan seperti pulai, meranti, kulim, gaharu, balam suntai, arang-arang dan meranti batu.
        Pembenihan menggunakan sistem biji, stek dan juga anakan ini terus dilakukan. Bahkan sudah ribuan kayu sudah dibagikan beberapa tempat. Beberapa kali pihaknya menyuplai ribuan kayu untuk sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Siak, Bengkalis dan beberapa daerah lainnya. ‘’Bahkan baru-baru ini kita membagikan ratusan batang kayu ke sekolah-sekolah di pekanbaru,’’ kata Kaharudin Siregar.

       Saat Riau Pos berada di lokasi pembenihan memang benar, ribuan batang kayu kulim, meranti dan pulai yang sudah siap untuk ditanamkan. Selain itu pihak arboretum terus berupaya membudidayakan tanaman yang langka di Riau. ‘’Terutama untuk pembenihan meranti kunyit, kulim dan tanaman obat-obatan lainnya,’’ kata Kaharudin Siregar yang saat itu mengambilkan tampang pulai. ***

Comments

Popular posts from this blog

Bermain Layang Wau hingga Malam di Bengkalis

Keranjang Rotan Rohil Laris Manis

Mencari Kijing, Siput Gantung, Buah Tanah, Bongan dan Lokan (1) *Berwisata Mangrove di Kembung Luar