Suku Bonai Riau


Suku Bonai merupakan salah satu suku yang ada di Riau. Seperti suku pedalaman lainnya suku bonai juga sampai saat ini masih suka berpindah-pindah. Sekarang hanya sebagian kecil yang masih memapah dan mencari kehidupan di tengah hutan dan aliran sungai di sepanjang Sungai Rokan Kanan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).





Membangun tempat berteduh (karena bangunannya terbuat dari terpal dan dedaunan) di tepian sungai menjadi kebiasaan mereka. Ini mereka lakukan agar mudah mendapatkan ikan yang merupakan mata pencaharian mereka sehari-hari. Selain itu mereka juga mencari rotan dan kayu hutan yang dijual kepada pedagang atau masyarakat di perkampungan. Umumnya mereka menggunakan sonik (sampan kecil terbuat dari batang kayu). Untuk setiap satu kepala keluarga biasanya mereka memiliki dua sonik.


Tapi tak seperti belasan tahun lalu, untuk sekarang ini sebagian besar kelompok suku bonai yang pada umumnya tinggal di daerah Kecamatan Bonai ini sudah berkembang dan sudah bergabung dengan masyarakat kebanyakan dan tidak tinggal lagi di tengah hutan. Anak-anak bonai sekarang sudah mengecap pendidikan yang mumpuni bahkan ada yang sudah mengecap pendidikan hingga tingkat sarjana. ***

Comments

Popular posts from this blog

Bermain Layang Wau hingga Malam di Bengkalis

Keranjang Rotan Rohil Laris Manis

Mencari Kijing, Siput Gantung, Buah Tanah, Bongan dan Lokan (1) *Berwisata Mangrove di Kembung Luar