Danau Buatan Pusat Wisata Pekanbaru





Transportasi Umum dan Fasilitas Nomor Satu

Minimnya tempat wisata alam dan bermain di Kota Pekanbaru membuat beberapa tempat bermain yang berada di mal-mal dan juga hotel-hotel yang menyediakan water park menjadi incaran warga Pekanbaru dan juga dari kabupaten/kota di Riau. Namun tahun 2012 dan dua tahun ke depan Danau Bandar Khayangan Lembah Sari bakal menjadi tempat incaran masyarakat untuk menghabiskan waktu liburan.

Laporan ERWAN SANI, Pekanbaru

''DANAU Buatan belum maksimal dan terlalu jauh dari kota'' Ungkapan ini sudah menjadi lazim terdengar ketika orang menawarkan tempat wisata andalan Kota Pekanbaru tersebut. Selain jauh berbagai hal penunjang lainnya, seperti arena bermain, transportasi terus menjadi kendala hingga saat sekarang ini.

''Bukan tak mau berwisata di alam terbuka, tapi lokasinya jauh. Angkutan umum tak ada pula menuju kesana,'' ucap Epi warga Purwodadi ketika ditawari Danau Buatan atau Danau Bandar Khayangan Lembah Sari sebagai tempat tujuan berlibur akhir pekan.

Kemudian dia juga mengungkapkan kalau Danau Buatan fasilitasnya masih minim dan harus segera dibenahi. ''Jujur, sudah lama juga tak ke Danau Buatan. Tapi pengalaman sebelumnya tempatnya biasa-biasa saja dan tak ada tempat bermain istimewa,'' lanjutnya.

Menyikapi berbagai tantangan bahwa tempat wisata juga menjadi sumber pendapatan daerah jika dikelola dengan baik, maka Pemerintah Kota Pekanbaru saat sekarang sedang merancang berbagai pembangunan yang akan diselesaikan dalam waktu dekat. Terutama salah satu penunjang untuk menggapai lokasi Danau Bandar Khayangan Lembah Sari di Kecamatan Rumbai Pesisir tersebut.

Berkaitan dengan alam sudah tak bisa ditapikan lagi, karena lokasi Danau Bandar Khayangan Lembah Sari sangat asri. Diri kiri kanan menuju danau banyak ditumbuhi pepohonan berbagai jenis. Masuk saja ke pintu gerbang sudah disapa hijau daun pepohonan yang rindang dan udara yang segar menyentuh kulit. Begitu juga ketika tiba dibibir danau, pandangan mata dimanjakan dengan luasnya kumpulan air di dalam bejana yang berukuran ribuan meter dan sejauh mata memandang.

Apalagi dipinggir danau ada beberapa kapal untuk disewakan dan terlihat para atlet dayung yang asik berlatih di tengah teduhnya air danau.

Indahnya alam yang asri tersebut tak bisa dibiarkan begitu saja, kata tokoh masyarakat Pekanbaru juga mantan Sekretaris Kota (Sekko) Pekanbaru Ir Yusman Amin MEng beberapa waktu lalu. ''Ini peluang wisata di Pekanbaru dan harus segera dipromosi, kalau perlu datangkan investor untuk mengelolanya,'' kata Yusman Amin.

Unntuk  menjadikan Danau Bandar Khayangan Lembah Sari menjadi terkenal seperti Ancolnya Jakarta tentu tak bisa mengandalkan alam yang ada sekarang. Akan tetapi harus dilengkapi berbagai fasilitas yang benar'-benar diperlukan masyarakat. Terutama lokasi bermain, bersantai dan tempat istirahat bagi wisata dari luar kota. ''Terpenting transportasi dan segala bentuk arena permainan yang modren saat sekarang ini,'' lanjutnya.

Pemko Pekanbaru sudah melakukan upaya pengembangan wisata di Danau Bandar Khayangan Lembah Sari tersebut. Upaya yang dilakukan tahun 2012 ini yaitu menjamin trnasportasi umum terutama angkutan umum untuk bisa masuk ke lokasi wisata idaman masyarakat Pekanbaru tersrebut.
''Transportas, kita akan membuat trayek, khusus untuk Trans Metro dan bus biasa.
2012 diupayakan,'' kata Kepala Bappeda Kota Pekanbaru melalui Kabid Pengembangan Pemukiman dan Prasarana Wilayah Ir Edwin Supradana MT

Kemudian untuk saat sekarang Pemko sedang merancang pembuatan, Water Booom, tempat Parkir, Taman Wisata Pendidikan, Hutan Alam wisata alam, taman pancing kemudian Permainan air.
Untuk Pembangunan Water Boom Pemko Pekanbaru akan memanfaatkan lahan seluas  dua hektare.
Begitu untuk awasan wisata pendidikan lahan Parkir juga disediakan cukup luas.

Selain itu, kata Edwin, Pemko Pekanbaru juga sedang melakukan peningkatan jalan untuk tahun 2012 ini diyakini sudah selesai. ''Untuk tahap pertama satu jalur dengan panjang seluas 1,5 kilometer di lokasi Danau Bandar Khayangan Lembah Sari tersebut. Pembangunan jalan ini kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau,'' tegasnya.

Pemko juga sedang merancang untuk membuat water park dengan perincian anggaran mencapai miliar rupiah. ''Untuk pembangunan water park itu menghabiskan biaya sekitar Rp10 miliar,'' tegasnya.

Agar itu terealisasi maka Pemko Pekanbaru terus berusaha mendapatkan sharing anggaran dari pemerintah pusat melalui APBN. ''Kita terus berusaha mendapatkan kucuran anggaran pembangunan danau buatan tersebut dari APBN. Kalau Pemko saja tak mungkin bisa terwujud dalam waktu dekat ini. Kita tahu potensi danau buatan itu besar tapi tak mungkin penyerapan besar dari APBD kota,'' lanjutnya.

*2012 Jadi Tujuan Pengunjung
Pemko Pekanbaru optimis tahun 2012 ini Danau Bandar Khayangan Lembah Sari menjadi tujuan masyarakat Riau dan juga wisatawan dari luar daerah. Terutama para official dan atlet yang akan bertanding pada PON ke-XVIII mendatang. Pemerintah juga berjanji bakal mengadakan berbagai iven penting di danau buatan yang memiliki luas wilayah 14 hektare tersebut.

''Terpenting lagi agar tempat wisata itu tetap eksis dan menjadi incaran masyarakat Pekanbaru haru agenda turin iven. Paling tidak dalam satu bulan dua kali iven,'' kata Edwin lagi.

Dengan adanya berbagai fasilitas saat sekarang seperti  Ampi Teater lengkap dengan kursi (Panggung terbuka), permainan anak-anak. Rumah Panggung, MCK empat unit. Jalan lingkunganjalan akses menuju kawasan wisata itu dirinya yakin tetap menarik minat masyarakat Pekanbaru dan kabupaten/kota lainnya.  ''Kemudian kapasita listrik 30 KVA sudah masuk. Travo sendiri jadi mengadakan iven disana sudah bisa dilakukan,'' lanjutnya lagi.***

Comments

Popular posts from this blog

Bermain Layang Wau hingga Malam di Bengkalis

Keranjang Rotan Rohil Laris Manis

Mencari Kijing, Siput Gantung, Buah Tanah, Bongan dan Lokan (1) *Berwisata Mangrove di Kembung Luar